Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Senin, 25 Juni 2018
Bacaan-2 hari ini:
2 Raj.17:5-8.13-15a.18. ; Maz.60:3-5.12-13.
Mat.7:1-5.

Hari ini lewat Firman Tuhan dalam Injil Mat.7:1-5, ini Yesus menegur kita untuk beralih dalam cara pikir kita yang memiliki kebiasaan MENGHAKIMI.
Sebagai manusia kita sungguh bangga bila kita memiliki kemampuan, dan secara mudah kita menilai orang lain. Tuhan ingin kita manusia belajar menyadari diri sendiri, mengukur diri sendiri dahulu/menilai diri sendiri dahulu. Setelah kita memiliki kesadaran ini dan mampu mengukur diri sendiri, kita juga harus sadar, bahwa kita tidak mempunyai hak atau kepentingan untuk menilai/mengukur orang lain. Karena hanya Tuhan sendiri lah yang berhak menilai/mengukur manusia.
Yesus menunjukkan, bahwa kita cenderung mudah berkelebihan menilai kesalahan orang lain, yang cuma selumbar/serpihan kecil saja, padahal kesalahan diri kita sendiri sebalok besarnya !
Hari ini kita diajak menyadari pengenalan akan diri sendiri yang lebih baik, supaya kita mampu menemukan kesalahan-2 diri sendiri terlebih dahulu, dan berjuang untuk memperbaikinya. Janganlah menjadi penonton dalam menilai kesalahan orang lain.
Kebiasaan buruk ini harus kita ubah ! Bukankah Tuhan Yesus ingin membebaskan diri kita, agar kita bisa menjadi anak-anak Tuhan ?

Beralihlah cara pikir dan kebiasaan
Sadarilah pengenalan diri sendiri dahulu
Jangan mudah menilai kesalahan orang lain
Kesalahan diri sendiri jauh lebih besar
Singkirkan dulu balok di matamu
Matamu akan lebih terang dan jernih
Dan bisa lebih mudah mengampuni orang lain
Karena kesalahannya cuma selumbar kecil saja
Dan kita semua akan bisa menjadi
Anak-anak Tuhan yang saling mencintai.

DOA :
Ya Tuhan Yesus ku, berilah kami Rahmat Mu, agar kami menjaga kesadaran diri kami untuk tidak mudah menghakimi orang lain, karena kami sudah lebih dahulu mengenali diri kami sendiri. Biarlah Roh Kudus Mu memampukan kami mudah mengampuni orang lain, supaya kehidupan kami pun memperoleh damai sejahtera, kini dan sepanjang segala masa......Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ