Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Jumat, 7 September 2018.
Bacaan-2 hari ini :
1 Kor.4:1-5. ; Maz.37:3-6.27-28.39-40.
Luk.5 : 33-39.

TUHAN MENERANGI YANG TERSEMBUNYI DALAM KEGELAPAN.

Banyak agama dan aliran kepercayaan menempatkan PUASA sebagai pilar istimewa.
Hari ini dalam Injil Luk.5:33-39 dikisahkan orang-2 Farisi dan Ahli Taurat menegur murid-2 Yesus, mengapa mereka tidak berpuasa ?
Yesus bukan menolak atau menghapus tradisi puasa orang Yahudi yang sudah lama. BUKAN !
YESUS ingin memberi arti baru dalam puasa. Focus dan objek puasa ditujukan kepada Yesus Sang Mempelai. Saat murid-2 Yesus bersuka cita akan kehadiran Yesus, mereka tidak perlu berpuasa. Mereka akan berpuasa ketika Yesus sudah tidak ada lagi di tengah-2 mereka.
Menurut Yesus dan Gereja saat ini, puasa adalah bentuk partisipasi kita dalam penderitaan Kristus.
Sering orang berpuasa dengan motivasi yang macam-2. Orang Farisi dan Ahli Taurat motivasinya menunjukkan kesalehan citra diri sebagai kelompok elite agama.
Yesus menunjukkan tradisi ini sudah sangat tua, kaku dan tidak elastis lagi seperti kantong anggur tua. Sekarang perlu kantong anggur baru, dengan mental baru, semangat baru, pola pikir baru, dan pemahaman ajaran-ajaran Yesus yang baru.
Yang penting adalah MOTIVASI BARU dalam puasa, mengikuti PENDERITAAN KRISTUS !

PAULUS hari ini juga mengajak umat Korintus :
* Tuhan adalah satu-satunya hakim.
* Tuhan menerangi apa saja yang tersembunyi dalam kegelapan.
* Dia akan memperlihatkan apa yang direncanakan hati. (1 Kor 4: 5 b).

Firman Tuhan hari ini mengajak kita murid Yesus untuk memiliki motivasi baru dalam berpuasa yang benar yaitu Mengikuti penderitaan Kristus Juru Selamat , karena orang mudah menyembunyikan motivasi puasanya yang bermacam-macam, apalagi dibarengi dengan klenik-2 perdukunan yang menyesatkan kehidupan. Tuhan pasti tahu motivasi tersembunyi ini. Saatnya akan tiba datangnya Sang Hakim Agung Semesta.

PELAKU FIRMAN HARUS BER MOTIVASI BARU !


DOA :
Ya Tuhan Yesus, mengikuti Engkau harus juga mengikuti penyangkalan diri, ikut dalam PENDERITAAN Mu memanggul Salib, agar kami murid-2 Mu memahami motivasi baru dalam berpuasa, supaya sebagai Pelaku Firman Mu kami bisa menunjukkan KEBENARAN FIRMAN AJARAN MU.
Terima kasih ya Yesus Tuhan kami, Sang Kebenaran hidup......Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ