Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Minggu, 23 September 2018.
HARI MINGGU BIASA PEKAN XXV.
Bacaan-2 hari ini :
Keb.2:12.17-20. ; Maz.54:3-6.8.
Yak.3:16 - 4:3. ; Mrk.9:30-37.

BILA INGIN MENJADI YANG TERDAHULU, HENDAKLAH MENJADI PELAYAN DARI SEMUANYA.

Sejak jaman perjanjian lama, orang fasik selalu mencobai orang-orang benar secara keji, karena menurut katanya, ia pasti mendapatkan pertolongan Nya. (Keb.2:12.17-20).
Dengan keinginan-2 yang kuat dibarengi dengan hawa nafsu yang sulit dikendalikan, orang ingin mementingkan dirinya, akhirnya orang saling iri hati dan kekacauan terjadi dengan berbagai tindakan kejahatan.
Dengan berdoa yang benar, hikmat dari atas turun menjadi orang pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan, dan tidak munafik. (Yak.3:16-4:3).

Maka menghindari konflik diantara para rasul yang memperbincangkan siapa yang terbesar diantara mereka, Yesus mengajarkan gaya "kepemimpinan pelayan".(Mrk.9:30-37).
Diawali dengan pengajaran, bahwa DIA akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dibunuh, tetapi setelah 3 hari dibunuh, Ia akan bangkit. Yesus ingin para murid Nya memahami sambil menunjukkan seorang anak kecil ditengah-tengah mereka, bahwa sebagai pemimpin HARUS MELAYANI "ANAK KECIL" - orang yang tidak berdaya, orang yang tidak punya kuasa, orang yang mudah dikontrol orang lain, orang yang dilupakan, orang cacat, tua renta , dsb.
Melayani bukan demi kepentingan dirinya sendiri, untuk menaikan status atau kehormatan sendiri, melainkan melayani dengan menghormati demi kebaikan dan kepentingan orang yang dilayani.
Yesus tahu, semua kecenderungan manusiawi untuk berkuasa sebagai orang nomer satu, Yesus tidak melarangnya ! Sekarang pemahaman dibalikkan : bila berkuasa juga menjadi nomer satu dalam pelayanan pada semua.
Kepemimpinan pelayan selalu memikirkan apa yang terbaik bagi orang lain dan bagi kepentingan bersama, justru ia tidak memikirkan kepentingannya sendiri.
Yesus menunjukkan diri Nya sebagai pemimpin pelayan : Dia memikirkan kepentingan seluruh umat manusia dan keselamatan umat manusia, melayani sampai menyerahkan nyawa Nya.

JADILAH PEMIMPIN YANG MELAYANI.
SERVANT LEADERSHIP.

DOA :
Ya Tuhan Yesus, tanamkan dalam diri kami firman Mu untuk melayani, dan melayani lebih sungguh. Melayani Engkau dan melayani sesama, terutama yang sakit dan menderita.
Biarlah Roh Kudus Mu terus menerangi dan menyemangati hidup kami untuk tetap setia melayani seumur hidup kami.
Terpujilah Nama Mu Yesus Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa, kini dan selama-lamanya.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ