Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Minggu, 30 September 2018.
HARI MINGGU BIASA PEKAN XXVI.
Bacaan-2 hari ini :
Bil.11:25-29. Maz.19:8.10.12-14.
Yak.5:1-6. ; Mrk.9:38-43.45.47-48.

GODAAN PERSAINGAN DAN PENYESATAN.

Firman Tuhan hari ini mengajak kita berhati-hati menyikapi hidup keberagamaan. Sebagai orang beragama, dalam praktek religius kita, cara berdoa, dsb. kita berpikir dan merasa bahwa kita paling benar atau sempurna dibanding yang lain, akhirnya kita terjebak dalam KESOMBONGAN, dan terperosok ke dalam fanatisme sempit.
Dalam Injil hari ini Mrk.9: 38-48, dikisahkan Yesus menegur murid-2Nya yang mulai sombong dan fanatisme sempit seperti ini.
Semua itu diawali dengan persaingan, siapa yang terbesar, siapa yang terdekat dengan Yesus.
Persaingan seperti ini bisa menjadi batu sandungan. Maka Yesus berkata dengan keras tentang PENYESATAN. Karena menyesatkan atau menjadi batu sandungan bagi orang lain dimulai dengan "anak kecil ", yang tidak tahu apa-apa, pemula, orang yang sederhana. Yesus mengecam keras orang-orang yang berpotensi menjadi batu sandungan dalam kelompok hidup bersama ini. Sikap keras Yesus tercermin dengan kata-kata PENGGALLAH, CUNGKILLAH !

Sejarah persaingan dan penyesatan berlanjut terus, ada yang yang terselubung, ada yang yang terang-terangan, sampai hari ini. Teguran Yesus sungguh relevan, supaya kita murid Yesus dan orang beriman MENYADARI ADA GODAAN BESAR.
GODAAN terbesar adalah KEKAYAAN seperti yang diutarakan oleh tulisan Yakobus 5:1-6.
KASIH YESUS yang bisa mengalahkan godaan-godaan ini. Kita harus berjuang untuk tidak masuk ke dalam pencobaan ini, kita mau focus
untuk melayani Tuhan dan sesama terutama pada "anak kecil "-orang yang membutuhkan dan bergantung.

JADILAH MURID YESUS YANG MELAYANI SESAMA.

DOA :
Ya Tuhan Yesus, ampunilah kami, dan berilah Rahmat Mu, agar kami tidak sombong dan merasa hidup religius kami yang paling benar dan sempurna. Ampunilah kami ya Tuhan, ampunilah kami !....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ