Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

HARI MINGGU BIASA PEKAN XXX.
Bacaan-2 hari ini :
Yer.31:7-9. ; Mas.126:1-6.
Ibr.5: 1 - 6. ; Mrk.10:46-52.

KARYA AGUNG TUHAN, KARYA KESELAMATAN.

Antifon hari ini sangat menggembirakan :
"Aku wartakan karya Agung Mu Tuhan, karya Agung Mu, karya keselamatan ".
Lewat bacaan pertama dari Yer.31:7-9, Tuhan sudah menubuatkan sukacita kembali akan berkumpulnya orang-orang Israel dari pembuangan. Tuhan menuntun mereka, membawa mereka kembali, apapun keadaannya, orang buta, orang lumpuh, orang hamil, semuanya dikumpulkan kembali dengan sorak sorai.

Maka bila Injil hari ini Mrk.10:46-52, mengisahkan Yesus menyembuhkan Bartimeus yang buta, yang berteriak -teriak "Anak Daud, kasihanilah aku !", sangat relevan sekali, ketika orang Israel yang tegar tengkuk, yang hatinya buta, yang tidak pernah mau mengenali Yesus Sang Mesias, meskipun Yesus sudah melakukan mujijad ditengah-tengah bangsa ini.
Penyembuhan Bartimeus ini tanpa media apapun, bahkan Yesus tidak menyentuhnya. Seruan dan teriakan Bartimeus mohon belas kasihan Yesus memancarkan imannya kepada Yesus, itulah yang menyembuhkan. Ungkapan ketika ditanya oleh Yesus, dia menjawab :
" Rabuni, supaya aku dapat melihat !"
Markus mencatat inilah satu satunya orang yang menyebut Yesus "Rabuni ", sama dengan sebutan yang dipakai oleh Maria Magdalena dalam Injil Yohanes, ketika berjumpa dengan Yesus yang bangkit dekat makam kosong.

Kita semua sebagai murid Yesus, kita butuh memiliki iman yang kuat, berteriak mohon keselamatan, karena hanya Yesus lah satu-satu imam agung yang bisa mempersembahkan dosa-dosa manusia, untuk memperoleh kehidupan kekal.
Aneka situasi yang kita alami dalam hidup, kadang bisa membutakan hati kita, sehingga kita tidak sanggup lagi melihat dan memahami kehendak Tuhan bagi kita. Saat seperti ini, kita perlu berseru dan berteriak kepada Yesus :
"Rabuni, supaya aku bisa melihat !"

PERGILAH, IMANMU TELAH MENYELAMATKAN ENGKAU !

DOA :
Ya Tuhan Yesus, bukalah mata hati kami, agar setiap hari kami senantiasa bisa melihat kehendak Mu, juga bisa mendengarkan apa yang Kau kehendaki untuk kami lakukan.
Terima kasih ya Yesus Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa, sekarang dan sepanjang segala abad.....Amin.....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ