Renungan Harian
Logo Doa Harian

Search Our Site

Bacaan-2 hari ini :
Tit.3:1-7. ; Maz.23:1-6.
Luk.17:11-19.

HIDUPLAH DENGAN PENUH SYUKUR.

Injil Lukas 17:11-19 tentang Yesus menyembuhkan 10 orang kusta ini merupakan injil favorite saya. Selain pengajaran SYUKUR yang hendaknya setiap orang manusia harus ungkapkan karena sudah menerima anugerah hidup dari Allah Sang Pencipta, kita juga hendaknya menghayati KEMAHARAHIMAN Allah dalam diri YESUS KRISTUS, JURU SELAMAT untuk seluruh umat manusia.

Lihatlah ada 10 orang kusta berseru pada Yesus : " Yesus, Guru, kasihanilah kami ! "
PERHATIKANLAH baik-baik kisah menarik ini, Yesus HANYA MEMANDANG mereka, tanpa memakai media apa-apa, tanpa menyentuh tubuh orang kusta itu, Yesus hanya berkata :
"Pergilah, perhatikanlah dirimu kepada imam." Dan sementara dalam perjalanan mereka menjadi tahir. Penderita kusta ini TOTAL SEMBUH.
Inilah tindakan penyembuhan total yang sungguh dimiliki Allah.
Uniknya dalam kisah ini ternyata HANYA SATU orang yang sudah sembuh total ini datang kembali kepada Yesus, tersungkur di depan kaki Yesus, mengucap syukur kepada Nya sambil berseru nyaring MEMULUAKAN ALLAH !
Dan Lukas menulis orang ini seorang SAMARIA, yang dianggap orang kafir dan najis oleh orang Yahudi, sedangkan ke sembilan orang lain yang juga sudah sembuh itu adalah orang Yahudi.

Makna dari kisah penyembuhan 10 orang kusta ini adalah RASA BERSYUKUR .
Sering kali kita sendiri mungkin bersikap seperti 9 orang Yahudi, yang sudah merasa mengenal Tuhan, bangga dekat dengan Tuhan karena sering beribadat dan sudah merasa taat pada hukum-hukum Tuhan, serta semuanya menjadi rutinitas belaka, akhirnya ketika mendapatkan mujijat penyembuhan dari kusta yang ganas ini, kurang tahu mensyukuri rahmat yang Tuhan anugerahkan ini.
Doa-doa rutin dan ibadat rutin kita bila tidak dilandasi dengan CINTA KEPADA TUHAN ALLAH DENGAN SEGENAP HATI, tanpa sadar kita mudah lupa untuk mengucap terima kasih dan bersyukur kepada Nya.

Paulus menulis kepada Titus mengingatkan, bahwa Kemurahan Allah nyata, ketika Juru Selamat kita Yesus Kristus telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena Rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh ROH KUDUS, yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juru Selamat kita.

Maka firman Tuhan yang menjadi rhema saya :
Bersukacitalah senantiasa.
Tetaplah berdoa.
Mengucap syukurlah dalam segala hal,
sebab itulah yang dikehendaki Allah
di dalam Kristus Yesus bagi kita.

BERSYUKURLAH BERSYUKURLAH !

DOA :
Ya Tuhan Yesus, hanya dengan pertolongan Rahmat Mu, kami memperoleh KESELAMATAN yang dari pada Mu, bukan karena jasa dan kebaikan-kebaikan kami, melainkan semata-mata karena RAHMAT-MU.
Terima kasih ya Tuhan Yesus Kristus, kami sangat bersyukur karena anugerah Mu ini, ANUGERAH KESELAMATAN ini !
Terpujilah Engkau Yesus Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa, kini, sekarang, dan selama-lamanya.....Amin....πŸ™πŸΎπŸ˜πŸ˜‡πŸ˜ƒ